5 Jenis Olahraga Terbaik untuk Remaja agar Tetap Bugar

Olahraga dapat meningkatkan fokus, membuat tubuh Anda berenergi, membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah penyakit di kemudian hari. Remaja khususnya harus sering melakukan olahraga karena bisa meningkatkan rasa percaya diri, koordinasi, dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Berenang meningkatkan detak jantung Anda, membangun daya tahan, meningkatkan kekuatan otot, membantu menjaga berat badan yang sehat dan meningkatkan kapasitas paru paru.

Berenang membantu anak anak untuk mengembangkan keterampilan fisik, kognitif, dan sosial dengan lebih cepat. Bersepeda adalah olahraga berdampak rendah untuk membakar lemak. Bersepeda dapat membantu meningkatkan kebahagiaan Anda, meningkatkan postur, mengurangi tingkat stres, mencegah penyakit kronis, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, dan juga menjaga kesehatan jantung.

Remaja harus berlari secara teratur karena mereka cenderung mengalami kehilangan otot dan tulang seiring bertambahnya usia. Berlari juga meningkatkan kesehatan mental dan fisiologis Anda. Remaja harus melakukan olahraga senam karena meningkatkan konsentrasi dan fokus mental.

Senam juga membuat tubuh menjadi lebih kuat dan fleksibel. Senam bisa memicu imajinasi untuk menyelesaikan masalah secara cepat. Bermain basketdapat meningkatkan kesadaran spasial, kemampuan pengambilan keputusan yang lebih baik, peningkatan koordinasi, kepercayaan diri, dan berkurangnya stres.

Berenang merupakan kegiatan berolahraga yang santai dan mengasyikkan. Berenang bermanfaat untuk menyegarkan tubuh, meningkatkan kebugaran, membentuk otot, sekaligus membakar kalori. Selain itu, berenang juga bermanfaat untuk fungsi otak kita.

Olahraga berenang dapat melepaskan faktor neurotropik di otak, yaitu hormon endorfin yang baik untuk mengurangi stres, kecemasan, dan suasana hati yang buruk. Berenang juga efektif mengurangi gejala depresi, mengurangi panik, dan rasa sedih. Gerakan berenang menggunakan teknik menendang, menarik napas, dan pengulangan.

Gerakan gerakan ini bersifat mediatif, sehingga mengurangi ketegangan. Kerusakan otak akibat stres bisa diperbaiki dengan berenang. Ketika melakukan olahraga yang membutuhkan oksigen besar seperti renang, hippocampus di otak akan membesar dan aliran oksigen akan menjadi lebih besar.

Gerakan dalam berenang membantu perkembangan serat saraf di corpus callosum, bagian otak yang berperan dalam komunikasi antara otak kanan dan kiri. Berenang akan mengaktifkan seluruh bagian otak secara simultan, sehingga kemampuan dalam belajar akan meningkat. Perkembangan bisa lebih cepat antara lain pada kemampuan motorik, seperti koordinasi, kemampuan visual motorik, dan berhitung dalam mata pelajaran matematika.

Peningkatan aliran darah dapat membantu meningkatkan memori, kejernihan pikiran, dan lebih fokus. Hal ini dikarenakan ketika berenang, aliran darah ke bagian otak lebih tinggi dibanding saat berolahraga di darat. Selain untuk kebugaran tubuh, berenang bermanfaat untuk fungsi otak.

Persiapkan akhir pekanmu untuk berenang, jangan lupa ajak teman, sahabat, dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *