Apa Sih yang Dilakukan Tim Pemenang

Apa sih yang Dilakukan Tim Pemenang? Tahapan pemilu 2019 sudah memasuki tahap puncak di mana pemungutan suara sebentar lagi akan dilaksanakan. Di sinilah tugas tim pemenangan setiap calon presiden dan wakil presiden untuk menyaring sebanyak-banyaknya calon pemilih. Misalnya saja, tugas tim pemenangan Jokowi yang memiliki tugas besar. Seperti apa sih yang mereka lakukan?

Pembagian Direktorat Tim Pemenangan TKN Jokowi

Pada tim pemenangan paslon nomor satu, tim pemenangan dibagi menjadi beberapa direktorat yang hal ini dilakukan agar tugas dan kewajiban mereka bisa dilakukan dengan lebih maksimal. Pembagian direktoran itu terdiri atas perencanaan, konten, komunikasi politik, media dan sosial media, kampanye, dan pemilih muda.

Selain itu, ada juga penggalangan dan penjaringan, logistik dan alat peraga kampanye, hukum dan advokasi serta saksi dan relawan. Masing-masing direktorat itu dipimpin oleh seorang direktur yang didampingi oleh sembilan orang wakil direktur untuk mewujudkan pelaksanaan strategi pemenangan tim Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Diketuai oleh Erick Thohir

Erick Thohir adalah ketua dari tim pemenangan Jokowi dan Ma’ruf Amin. Pemilihan Erick Thohir sebagai ketua tim pemenangan bukan tanpa alasan. Sebab, ia adalah seorang yang memiliki pengaruh cukup besar. Ia adalah pengusaha dengan rekam jejak kesuksesan dan malang melintang di segala bidang.

Selain itu, dia juga punya jaringan luas berbasis komunitas. Dia juga sempat meraih kesuksesan lewat ajang olahraga multievent Asian Games yang diadakan di Indonesia beberapa bulan lalu dan yang terakhir Erick Thohir dianggap mampu menambal bolong yang ada di kubu Jokowi Ma’ruf Amin yang dikapitalisasi oleh Sandiaga Uno.

Tugas Tim Pemenangan

Setelah tahu apa saja pembagian dan ketua dari tim pemenangan untuk Jokowi dan Ma’ruf Amin, selanjutnya Anda bisa mengetahui apa saja tugas dari tim pemenangan tersebut. Tugas pertama adalah untuk tim kampanye nasional. Merekalah yang bertanggung jawab atas semua kegiatan-kegiatan kampanye pasangan calon.

Selain itu, mereka juga yang harus menjalin komunikasi dengan KPU. Tugas lainnya yang harus mereka pikul adalah fleksibiltas dari semua sisi. Sebagai contoh, bila ada penggantian anggota, penggantiannya harus dilakukan secara fleksibel. Penggantiannya juga harus diakomodir oleh KPU sehingga tak bisa sembarangan.

Semua nama dari tim pemenangan sudah ada di tangan KPU dan mereka harus bermufakat untuk menyatukan suara guna memenangkan tim yang mereka dukung. Selain itu, mereka tetap harus mengikuti apa yang jadi intruksi KPU. Mereka juga memiliki tugas untuk mengidentifikasi masalah faktual yang dirasakan.

Misalnya, mereka harus berorientasi pada isu dan program agar kampanye yang mereka lakukan sukses. Selain itu mereka juga harus melakukan pengelolaan kampanye mulai dari perancangan, pelaksanaan hingga evaluasi. Seluruh isi dari program kampanye harus diarahkan untuk mempengaruhi aspek pengetahuan dan sikap pada sasaran kampanye.

Mereka juga wajib melakukan evaluasi pada penanggulangan masalah yang dalam hal ini bertujuan untuk keefektifan kampanye yang mereka lakukan. Mereka harus bisa menghilangkan atau mengurangi masalah yang terjadi sebagaimana yang telah mereka identifikasi sebelum tahap kampanye dilaksanakan di lapangan.

Dengan begitu, tugas mereka sebagai tim pemenangan bisa benar-benar maksimal. Mereka juga akan terhindar dari pembohongan publik terlebih bila jaringan komunikasi mereka produktif dan efektif.

Jadi, sudah tahu apa saja tugas dari tim pemenangan itu, kan? Tim pemenangan Jokowi dan Ma’ruf Amin memang sudah melakukan segala cara untuk memenangkan pasangan petahana ini. Untuk hasil, tinggal tunggu masa 17 April 2019 nanti. Semoga saja semua yang terbaik untuk negeri ini bisa tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *