Cara Beli Tiket Pesawat di JD.ID

Sejak muncul berbagai marketplace online, booking tiket pesawat bisa dilakukan dari rumah. Salah satu marketplace yang cukup terkenal bernama JD.ID. Di sana Anda bisa langsung booking tiket pesawat dengan pilihan maskapai penerbangan yang variatif. Tidak perlu waktu lama, tiket pun langsung aman di tangan. Bagaimana cara belinya?

  1. Ketik JD.ID di Address Bar Browser Anda

Cara ini yang paling mudah. Address bar itu tempat setiap link berada. Setiap alamat halaman yang Anda buka selalu tersimpan lewat link. Cara masuk ke JD.ID tinggal ketik saja di sana. Itu untuk perangkat komputer atau PC. Kalau khusus perangkat mobile atau ponsel, ketikkan saja m.jd.id. Nanti masuk ke halaman yang sama.

  1. Daftarkan Akun atau Masuk Lebih Dulu

Cara selanjutnya daftarkan akun Anda dulu. Klik kata masuk/daftar pada menu dropdown (khusus pengguna mobile). Kalau Anda sudah punya aku Google Plus, Facebook, dan Line mudah sekali. Tinggal klik di sana, nanti secara otomatis akan dibawa ke halaman registrasi.

Isikan nama akun Anda. Lebih baik pakai nama asli saja. Kemudian isikan pula password. Ketik ulang password-nya. Ketik pula nomor HP Anda. Setelah itu klik “kirim kode SMS”. Setelah kode diterima, isikan di kolom yang tersedia. Klik setujui syarat dan ketentuan, kemudian klik “Daftar”. Beres sudah.

  1. Klik Menu Flight

Menu flight itu disimbolkan dengan gambar pesawat polos. Klik di sana. Letaknya berada di sebelah gambar voucher, movie ticket, rumah tangga, personal care and health, ibu & bayi, pulsa, dan smartphone. Setelah klik menu flight, nanti Anda akan dibawa ke halaman berikutnya.

  1. Isikan Formulir Pendaftaran Tiket Pesawat

Isikan kota asal Anda. Ganti kata “Jakarta” jadi kota asal Anda. Kemudian isikan tempat tujuan yang ingin Anda capai. Ganti kata “Bali/Denpasar” dengan tempat yang Anda maksud. Isikan pula tanggal berangkat. Setelah itu isikan berapa penumpang yang akan naik pesawat. Tentukan kelas penerbangan. Terakhir klik tombol “Cari”.

  1. Pilih Maskapai Penerbangan

Setelah pendaftaran tiket selesai, Anda akan dihadapkan pada halaman pilihan maskapai penerbangan. Di sana ada Citilink, Lion Air, AirAsia, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Garuda Indonesia. Silakan Anda mau pilih yang mana. Boleh yang paling murah, boleh pula yang harganya lebih mahal seperti Garuda Indonesia, misalnya.

  1. Isi Data Penumpang

Halaman berikutnya akan menampilkan formulir pengisian data penumpang. Isikan saja data penumpang yang dimau. Pilih titel, boleh Tuan, Nyonya, atau Nona. Isikan nama depan dan belakang Anda. Klik tombol “simpan”. Isi pula data pemesan, dimulai dari nama depan dan belakang, nomor HP, dan email Anda. Baru klik “lanjutkan”.

Setelah selesai memesan tiket, tinggal tunggu saja tiket pesawat Anda akan dikirim ke email. Anda hanya diberi waktu 1 jam 40 menit untuk pembayaran. Kalau tidak membayar dalam waktu yang ditentukan, tiket dinyatakan batal. Lebih cepat lebih baik. Bisa bayar via ATM. Bisa pula via online di menu “metode pembayaran”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *