Cara Kreatif Menyingkirkan Sofa Usang di Rumah Anda

Bukan rahasia lagi bahwa menyingkirkan sofa bekas di rumah bisa menjadi pekerjaan yang sulit. Seiring berjalannya waktu, sofa yang Anda gunakan di rumah takkan lagi mampu untuk memberikan kenyamanan untuk meskipun service sofa telah berulang kali Anda lakukan. Beberapa furnitur seperti sofa tidak akan banyak diminati ketika sudah dalam kondisi rusak, robek, atau bernoda. Hal ini dapat membuat pusing kepala ketika mengingat Anda perlu mengeluarkan banyak uang untuk sofa tua yang sekarang tampaknya tidak menarik bagi Anda maupun orang lain.

Sayangnya, selain yang berbahan kulit, sofa ternyata bisa terdepresiasi dengan sangat baik.

Sulit memang untuk menyingkirkannya, bahkan ketika niat Anda bukanlah untuk menghasilkan uang dari barang usang tersebut. Jika dibuang begitu saja, sofa yang notabene berukuran cukup besar tidak akan mudah untuk terurai dengan tanah dan akan menambah volume sampah rumah tangga.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan selain meninggalkan sofa tua Anda di pinggir jalan? Ternyata, ada banyak pilihan!

  • Jual di Garage Sale

Meski sulit menjual beberapa furnitur bekas, bukan tidak mungkin beberapa orang akan tertarik untuk membelinya. Biasanya, hal ini tergantung pada kondisi furnitur yang Anda jual. Sebut saja kalau masih dalam kondisi wajar, tentu akan banyak orang yang berminat untuk memilikinya. Terkadang beberapa orang bisa saja memiliki ide-ide kreatif ketika melihat sofa lama Anda dan ingin mengubahnya menjadi suatu hal yang baru dan lebih bermanfaat, siapa tau?

 

Jika Anda merasa sofa Anda masih dalam kondisi cukup baik, jangan lupa untuk membersihkannya secara menyeluruh sebelum menjualnya. Cara ini mungkin tidak menghasilkan banyak uang, tapi toh niat awal Anda bukan untuk mencari uang, kan?

 

  • Tempatkan Sofa di Tempat Komunitas Sosial

Pertimbangkan untuk menempatkan sofa bekas Anda di gereja, komunitas sosial, atau organisasi non-profit lainnya. Partisipasi Anda, meski sekecil apapun, sangat bisa berguna untuk orang lain yang membutuhkan. Dengan memberikannya kepada organisasi masyarakat, Anda pun tidak perlu pusing-pusing memikirkan cara untuk membuang sofa tersebut.

 

  • Jual Melalui Iklan Online

Di era digital ini, telah banyak tersedia situs jual beli online yang akan memudahkan Anda untuk menyingkirkan sofa bekas Anda. Anda bisa mencoba menjualnya atau memberikannya secara gratis atau yang banyak disebut dengan istilah giveaway di media sosial, ataupun berbagai situs e-commerce.

 

Jangan lupa untuk memberi deskripsi mendetail mengenai kondisi barang yang akan Anda jual. Berusahalah untuk memberikan informasi sejujur dan selengkap mungkin, beserta foto-foto sofa tersebut, dengan harga yang kompetitif.

 

  • Tukar Sofa Lama dengan yang Baru

Meskipun tidak begitu banyak tersedia, tapi ada beberapa toko yang bersedia untuk menukar sofa lama Anda dengan sofa baru dengan membayar sedikit jumlah uang yang telah disepakati. Transaksi seperti ini terkenal dengan sebutan tukar tambah. Ya, tukar tambah yang biasanya orang lakukan untuk barang-barang elektronik ternyata tidak selalu berlaku untuk barang elektronik saja, namun juga sofa. 

 

  • Berikan Kepada Teman atau Keluarga Anda

Tanyakan pada teman atau keluarga jika Anda memiliki sofa yang sudah tidak Anda gunakan lagi, dan apakah sekiranya mereka merasa sofa tersebut masih sangat layak untuk digunakan di rumah mereka. Mungkin saja seseorang akan bersedia memiliki sofa Anda, terutama jika mereka adalah pasangan yang baru menikah dan belum memiliki banyak perabotan di rumahnya.

 

  • Donasi untuk Amal

Ketika terjadi bencana alam, kehadiran sebuah sofa di tengah-tengah orang yang sedang berduka bisa saja menjadi sebuah pemberian yang berharga. Jika Anda berpikir untuk mendonasikan sofa usang Anda, Anda tidak harus berdonasi dalam bentuk sofa, namun Anda dapat menjualnya di garage sale tadi dengan harga murah, dan uang hasil penjualannya bisa Anda sumbangkan sepenuhnya. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyumbang ke tempat penampungan bagi tunawisma, teater lokal, atau sekolah di sekitar lingkungan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *