Cara Mencegah Mimisan pada Anak dengan Mudah dan Praktis

Mimisan pada anak menunjukkan bahwa anak mengalami masalah pada kesehatannya. Anda tidak boleh menganggap remeh mimisan yang terjadi pada anak. Penting untuk segera mengobatinya dan membuat anak kembali pulih. Berikut ini cara mencegah terjadinya mimisan dengan mudah dan praktis pada anak tanpa mengeluarkan banyak biaya.

  1. Kebersihan dan Kelembapan Ruangan

Salah satu penyebab terjadinya mimisan karena alergi terhadap debu, jadi Anda bisa melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan ruangan. Alergi juga dapat terjadi karena berbagai jenis kuman dan bakteri yang bisa saja berasa dari ruangan pengap.

Jadi penting untuk Anda memastikan kadar kelembapan ruangan tidak terlalu tinggi karena dapat menyebabkan berkembangbiaknya bakteri. Salah satu cara untuk membuat ruangan bersih dan terjaga kelembapannya adalah dengan memastikan sirkulasi udara berjalan lancar.

  1. Kelembapan Hidung Anak

Mimisan pada anak dapat juga terjadi karena suhu udara yang terlalu ekstrem atau pun panas. Selain itu bisa juga karena mengalami dehidrasi, sehingga Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan menjaga kelembapan hidungnya. Berikan anak air putih dengan jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuhnya setiap hari tanpa kekurangan.

Selain itu kelembapan rongga dalam hidung ini dapat dilakukan dengan membuat anak mau mandi berendam dengan air hangat. Selain itu lebih mudah lagi dengan cara meminta anak menghirup uang air hangat yang telah dicampurkan larutan garam. Minta anak melakukannya pelan-pelan agar merasakan lega.

  1. Mengontrol Flu

Mimisan dapat terjadi karena flu, sehingga untuk mencegah mimisan Anda perlu mengawasi anak saat membuat ingusnya. Jangan sampai anak Anda melakukannya terlalu kuat atau kencang yang akan membuat terjadinya mimisan. Ingatkan anak untuk melakukannya pelan-pelan dan berikan contoh agar anak lebih paham, sehingga tidak melakukan hal yang membuat mimisan.

  1. Awasi Anak Bermain

Cedera atau terbentur pun menjadi penyebab mimisan, jadi untuk mencegahnya penting bagi Anda mengawasi anak bermain. Jangan biarkan juga selama bermain memasukkan bagian kukunya ke dalam hidung. Ini sangat berbahaya dan jangan sampai lalai mengawasi anak-anak. Selain itu pastikan kawan bermain anak tidak jahil untuk membuatnya terjatuh.

Benturan juga dapat terjadi ketika anak melakukan aktivitas yang berisiko seperti karate. Anda perlu waspada terus mengingatkan anak agar selalu menggunakan pelindung hidungnya agar tidak mengalami mimisan secara tiba-tiba.

  1. Memberikan Jeruk

Anda perlu tahu bahwa buah jeruk memiliki kandungan bioflavonoid yang merupakan sejenis antioksidan. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapat membantu memperkuat pembuluh darah. Buat anak Anda yang sering sekali mengalami mimisan, bisa coba untuk memberikan jeruk yang sudah diperas agar lebih mudah meminumnya.

  1. Nutrisi yang Cukup

Penting untuk Anda memenuhi kebutuhan nutrisi anak secara cukup agar tidak mudah mengalami kelelahan yang mengakibatkan mimisan. Anda bisa memberikan susu kepada anak atau pun makanan lainnya selama nurtrisinya terpenuhi.

Pastikan asupan gizi yang dibutuhkan anak Anda terkontrol dengan baik agar tidak membuatnya mudah lelah. Terlebih saat aktivitas anak sangat padat, Anda harus ekstra memastikan bahwa anak makan tepat waktunya agar tidak berisiko bagi kesehatannya.

Mimisan pada anak dapat terjadi tanpa memandang usianya. Anda hanya perlu melakukan kontrol yang terbaik terhadap asupan nutrisi agar anak tidak berisiko mengalami sakit. Jika mimisan berlangsung lama pada anak segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab yang lebih jelas. Selain itu, berikanlah susu dari generasimaju.com untuk kebutuhan nutrisi anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *