Cara Menggunakan Kamera Sony ILCE 6400L agar Hasil Foto Optimal

Belum lama ini, pihak Sony mengeluarkan ILCE 6400L, kamera kelas menengah ke atas yang dipersiapkan sebagai pengganti generasi sebelumnya. Kamera yang satu ini juga mengusung banyak fitur baru yang cukup menggoda untuk menghasilkan jepretan foto yang lebih berkualitas. Nah berikut beberapa tips menggunakannya agar jepretan main sempurna.

Gunakan Aperture Priority untuk Hasilkan Foto Ideal

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan kamera mirrorless, fitur Aperture Priority (A mode) akan cukup membantu Anda untuk beradaptasi dengan kamera. Aperture Priority sendiri merupakan mode pengambilan gambar yang menyesuaikan tingkat pencahayaan yang masuk melalui shutter. Hal ini bertujuan untuk menghindari over exposure dan under exposure.

Eksplorasi Fungsi Lensa dengan Mode Manual

Jika Anda sudah mulai terbiasa, kini saatnya untuk mulai mengekspor kamera Sony ILCE 6400L yang Anda beli dengan mode manual agar kemampuan fotografi Anda semakin meningkat. Langkah pertama, Anda harus memutar dan memilih mode manual atau M pada tombol putar.

Mode yang satu ini bisa dimanfaatkan agar Anda bisa belajar mengoperasikan kamera dengan kemampuan yang Anda miliki. Bahkan Anda juga bisa menggunakan ISO dan speed untuk mengatur kecerahan foto sekaligus bereksperimen dengan berbagai teknik foto. Mulai dari exposure, panning, blur, dan zoom.

Sesuaikan Cahaya dengan Pengaturan ISO

Sebenarnya apa sih ISO itu? Dalam fotografi, ISO merupakan istilah yang digunakan untuk mengukur tingkat sensitivitas sensor terhadap cahaya. Kamera Sony ILCE 6400L sendiri memiliki rentan ISO yang dapat disesuaikan mulai dari 100 hingga 32000. Pengaturan ISO sendiri bermanfaat untuk dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi yang berbeda.

Semakin besar ISO yang digunakan maka akan semakin berpengaruh pula terhadap tingkat kecerahan gambar. Meski demikian perlu diingat, penggunaan ISO yang terlalu tinggi juga memiliki konsekuensi yakni sekumpulan titik atau noise yang membuat foto tak tampak halus. Semakin tinggi ISO yang digunakan maka semakin banyak pula noise yang digunakan.

Memotret di Tempat Minim Cahaya dengan Bounce Flash

Tak hanya menggunakan ISO, Anda juga bisa mengambil gambar di ruangan minim cahaya dengan memanfaatkan flash yang ada pada kamera Sony Anda. Kamera mungil yang satu ini sudah dilengkapi dengan engsel yang bisa ditekuk ke belakang untuk memantulkan cahaya ke langit-langit. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan cahaya yang halus untuk objek foto.

Pengaturan Kualitas Gambar, Beda Kualitas Beda Kepentingan

Saat memotret objek, penting juga bagi Anda untuk mengatur kualitas gambar. Mengapa? Sebab bea kualitas beda pula kepentingan. Kamera keluaran Sony yang satu ini sudah dilengkapi dengan pilihan pengaturan gambar yang beragam. Mulai dari STD atau Standard, Fine, (RAW + JPG), (RAW + J), dan RAW.

Setiap jenis kualitas gambar tersebut tentunya juga akan memakan fungi foto dan ukuran foto yang berbeda pula. Misalnya saja untuk kualitas gambar STD dan Fine, jenis kualitas ini biasanya dipakai bagi mereka yang ingin semuanya beres tanpa perlu melakukan banyak editing foto.

Sedangkan untuk kualitas RAW sendiri akan menghasilkan gambar mentah untuk bisa Anda olah sesuka hati dengan aplikasi editing foto. Hanya saja konsekuensinya, kualitas gambar yang satu ini akan menghasilkan foto yang besar dan menghabiskan banyak memori Anda.

Nah, di atas merupakan beberapa cara menggunakan kamera Sony ILCE 6400L untuk menghasilkan gambar yang maksimal. Sudahkah Anda memiliki kamera keluaran Sony yang satu ini? Anda bisa mendapatkan beragam pilihan kamera Sony dengan harga yang cukup kompetitif hanya di blibli.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *