Cara Mengusir Lalat dengan Mudah agar Terbebas dari Penyakit

Siapa sih yang tidak tau lalat? Semua orang tentunya menganggap hewan yang satu ini sebagai pengganggu. Bahkan tak jarang pula orang akan merasa risih jika ada banyak lalat di sekitarnya. Sebab lalat sering dianggap sebagai hewan kotor yang mampu membawa penyakit. Nah berikut merupakan cara mengusir lalat dengan mudah agar terbebas dari penyakit.

Menggunakan Tanaman Pengusir Serangga

Cara mengusir lalat yang pertama adalah dengan menggunakan tanaman pengusir serangga. Sebab ternyata lalat sangat membenci beberapa tanaman dan buah. Nah untuk mengusirnya, And bisa menggunakan tanaman pengusir serangga ini yang diletakkan di setiap sudut rumah agar lalat tidak masuk ke dalam rumah Anda.

Beberapa jenis tanaman yang tidak disukai lalat antara lain seperti lavender, kemangi, pandan, mint, salam, marigot, tomat, dan masih banyak lagi. Jadi tak ada salahnya Anda menggunakan tanaman tersebut sebagai tanaman hias untuk mengusir lalat. Tak hanya efektif untuk mengusir lalat saja, tanaman tersebut juga dipercaya mampu menjadikan ruangan menjadi lebih harum.

Jeruk Lemon dan Cengkeh

Cara mudah mengusir lalat selanjutnya yang bisa Anda lalukan adalah dengan menggunakan irisan lemon dan cengkeh. Ternyata dua bahan ini sangat efektif untuk mengusir lalat agar tidak masuk ke dalam rumah. Mengapa? Sebab lalat tidak menyukai aroma yang wangi. Untuk mengusir lalat, Anda hanya perlu meletakkan cengkeh di atas irisan lemon.

Plastik yang Berisi Air

Plastik bening yang diisi dengan air ternyata juga merupakan salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengusir lalat. Letakkan ini di daerah yang menjadi sarang lalat. Cara yang satu ini terbilang cukup efektif dan ampuh. Hal ini disebabkan karena plastik bening yang berisi air mampu mengelabuhi penglihatan lalat itu sendiri.

Ternyata lalat memiliki 3000 hingga 6000 mata di seriap bulatan matanya. Jadi dengan menggantungkan plastik bening berisi air ini akan dapat membuat lalat menjadi tidak fokus pada satu titik saja sehingga lalat akan memutuskan untuk menjauh pergi. Cara yang satu ini sangat direkomendasikan untuk ruangan yang terang. Semakin terang semakin baik.

Cahaya Lilin

Selain tidak menyukai aroma wangi, ternyata lalat juga kurang suka dengan ruangan yang penuh dengan asap. Mengusir lalat dengan menggunakan cahaya lilin sudah sering kali dilakukan. Tak hanya dilakukan di rumah saja, cara ini juga sering kali dilakukan di tempat-tempat lain seperti di rumah makan. Api dan hawa panas sekaligus asap dari lilin dapat membuat asap pergi menjauh.

Cara yang satu ini juga terbilang cukup mudah. Sebab Anda hanya perlu menyalakan lilin di tempat yang menjadi kerumunan lalat. Untuk mengusirnya Anda bisa menggunakan lilin biasa, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan lilin aroma terapi. Semakin wangi ruangan Anda maka hal ini juga akan membuat lalat menjauh dan tidak akan datang lagi.

Perangkap Lalat

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda juga bisa menggunakan perangkap lalat untuk mengusirnya. Benda yang satu ini juga sering disebut dengan flypaper. Sebenarnya apa sih flypaper itu? Flypaper merupakan lem dengan aroma yang manis. Lem ini bermanfaat untuk menarik perhatikan lalat hingga akhirnya lalat akan terperangkap pada lem kertas tersebut.

Itulah beberapa cara mudah mengusir lalat dengan mudah agar tidak mengundang penyakit. Cara mengusir lalat di atas tentunya berbilang cukup mudah dilakukan bukan? Selain itu jangan pernah lupa untuk menutup lauk dan makanan agar tidak dihinggapi lalat yang bisa menyebabkan sumber penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *