Daftar Penyebab Bau Badan yang Harus Dihindari

Berkeringat merupakan hal lazim yang dialami oleh manusia karena adanya sistem ekskresi yang dilakukan oleh kulit. Namun hal ini bisa menjadi tidak menyenangkan apabila hal tersebut dibarengi dengan bau tak sedap yang mengganguu. Nah, di bawah ini daftar beberapa hal penyebab bau badan yang harus Anda hindari.

Penggunaan Detergen

Penggunaan detergen sebagai zat pencuci merupakan suatu yang lumrah dan bahkan akan terasa aneh dan tidak puas apabila tidak menggunakan bahan kimia yang satu ini. Meski begitu, penggunaan zat detergen yang tidak sesuai bisa menimbulkan reaksi pada tubuh sehingga membuat kelenjar kulit mengeluarkan aroma tidak sedap.

Di samping itu, cara mencuci yang salah juga bisa menyebabkan bau tak sedap pada diri Anda. Pastikan untuk membilas cucian hingga busa dan zat detergen lainnya benar-benar hilang dan bersih. Molekul dan zat sabun yang tertinggal dalam kain akan menimbulkan reaksi yang tidak baik berupa aroma tak sedap ketika bersentuhan dengan keringat.

Diet Tak Seimbang

Tanpa disadari, teryata penerapan diet yang tak seimbang bisa menjadi salah satu penyebab bau badan. Hal ini terjadi ketika Anda mulai kekurangan zinc dan magnesium yang justru berfungsi untuk mengurangi bau pada organ dalam tubuh sehingga mencegah badan mengeluarkan aroma tak sedap.

Kekurangan magnesium ini diakibatkan karena tubuh mempunyai kemampuan yang bebeda dalam memproses setiap zat yang masuk. Sehingga Anda tidak bisa serta-merta mengikuti gaya diet dari seseorang tanpa mengetahui kemampuan tubuh yang dimiliki karena hal ini justru akan berdampak pada timbulnya bau badan yang tidak sedap.

Konsumsi Daging Mentah

Daging mentah yang menjadi menu andalan makanan Jepang ini memang sangat sayang untuk dilewatkan. Nsamun begitu Anda harus membatasi diri dari santapan tersebut jika tidak ingin terkena gangguan bau badan yang tidak sedap karena menyantap daging mentah dalam jumlah berlebih.

Daging membutuhkan waktu yang lama agar dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Sehingga ketika proses tersebut tidak berjalan ssempurna maka akan timbul gas beraroma tak sedap dari dalam tubuh. Gas tersebut akan menjadi pemicu bau tak sedap yang keluar bersamaan dengan keringat yang timbul di seluruh tubuh terutama bagian ketiak.

Konsumsi Makanan Berkolin

Walaupun bagus untuk kesehatan, namun konsumsi makanan yang mengandung kolin secara berlebih dan terus menerus akan menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Hal ini terjadi jika makanan tersebut tidak dicerna dengan baik oleh tubuh. Telut, ikan, hati sertakacang-kacangan merupakan makanan yang tinggi kolin dan sebaiknya Anda konsumsi secukupnya.

Gangguan Metabolisme

Ternyata, metabolisme yang tidak berjalan dengan baik juga bisa menjadi pemicu timbulnya bau badan yang tidak sedap. Kondisi ini terjadi apabila tubuh terkena trimethylaminuria atau gangguan metabolisme yang terjadi ketika tubuh kehilangan kemampuan untuk memecah hormon trimetilamina yang berasal dari makanan tertentu.

Hormon ini nantinya akan dikeluarkan melalui keringat, urine serta sistem pernafasan, sehingga menyebabkan bau badan tak sedap pada tubuh Anda. Ketika hal ini terjadi maka pengidapnya harus mengonsumsi antibiotik dan menggunakan sabun asam untuk menghilangkan bau yang tidak sedap tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus Anda hindari karena dapat menjadi penyebab bau badan yang bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan sabun antibakteri yang dijual bebad di pasaran. Salah satu produk yang efektif untuk membantu Anda adalah Lifebuoy yang sudah tersedia dalam beragam varian keharuman yang menyegarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *