Gaji Anda Tak Lebih dari 2 Juta? Begini Cara Investasi yang Tepat!

Gaji yang pas-pasan sering dikeluhkan oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Padahal sebenarnya menyiasati keterbatasan gaji bukanlah hal yang sulit. Apalagi jika kini Anda masih berstatus lajang.

Bahkan Anda tetap bisa berinvestasi jika gaji bulanan Anda tak lebih dari 2 juta rupiah. Bagaimana caranya? Simak dulu ulasan berikut ini.

Bermain Arisan dengan Jumlah Anggota yang Banyak

Jangan ragu bermain arisan dengan jumlah anggota yang banyak. Karena jumlah anggota tersebut membuat total uang arisan relatif besar walaupun iuran bulanannya kecil. Jadilah orang pertama yang mengambil uang arisan kemudian simpan uang tersebut di deposito. Selanjutnya, Anda tinggal membayar iuran arisan seperti biasa. Di akhir periode arisan, deposito Anda pasti sudah berbunga dan nilainya bertambah banyak.

Memulai Investasi dengan Konsep Peer to Peer

Konsep peer to peer (P2P) membuat Anda bebas berinvestasi sesuai kemampuan. Putera Sampoerna Foundation memiliki perusahaan khusus bernama Mekar.id sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR). Konsep peer to peer yang diusung Mekar.id membuat Anda leluasa menentukan jumlah dana yang akan diinvestasikan. Dana tersebut kemudian akan digunakan sebagai pinjaman modal bagi pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang membutuhkan. Jadi, bukan hanya Anda yang akan memperoleh keuntungan. Para pengembang UMKM pun akan mendapatkan kemudahan untuk mengembangkan usahanya.

Membeli Emas Secara Kredit

Jangan berkecil hati jika Anda merasa bahwa tabungan Anda tak cukup untuk membeli emas. Karena Anda bisa membeli emas secara kredit. Salah satu lembaga pemerintah yang memfasilitasi pembelian emas secara kredit adalah Pegadaian. Anda tinggal memilih jumlah emas sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Setelah melunasi cicilannya, emas tersebut akan menjadi milik Anda.

Memanfaatkan KPR Subsidi

Bagi Anda yang belum memiliki hunian pribadi, mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi juga merupakan salah satu cara investasi yang tepat. Kepemilikan rumah bukan sekadar memenuhi kebutuhan primer Anda, melainkan juga merupakan aset investasi berharga. Karena nilai rumah terus menerus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Anda tak perlu kesulitan menyiapkan biaya membeli rumah jika sudah memulai cicilan KPR subsidi mulai sekarang.

Jadi, segera lakukan keempat cara tersebut untuk menstabilkan kondisi finansial Anda. Karena gaji Anda selalu cukup untuk biaya hidup, tetapi tidak pernah cukup untuk gaya hidup yang serba berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *