HP Acer Anda Lemot? Terapkan Tips Pintar Ini Agar Ponsel Berjalan dengan Mulus

Alat-alat elektronik diciptakan agar dapat membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah dan praktis, serta juga agar dapat mengirit waktu untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Dari sekian banyak alat elektronik yang diperjualbelikan di Indonesia, alat elektronik yang saat ini pasti dimiliki oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia adalah ponsel atau hand phone. Selain itu, sekarang ini sudah banyak jenis dan perusahaan elektronik yang meluncurkan ponsel pintar, yang memiliki fitur dan teknologi yang lebih canggih. Salah satunya adalah HP Acer  yang sekarang ini banyak dijual secara langsung serta melalui situs jual beli online terpercaya. Namun, yang namanya alat buatan manusia pasti mengalami berbagai macam masalah yang menyerang berbagai komponennya. Salah satu masalah pada ponsel yang paling sering terjadi adalah mengalami penurunan fungsi dan membuat kinerjanya semakin lama atau yang kerap disebut dengan lemot.

Jika ponsel mengalami masalah tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa tips pintar ini:

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Hal pertama yang biasanya dapat membuat ponsel menjadi lemot adalah karena terlalu banyak aplikasi yang ada pada ponsel tersebut. Oleh karena itu, demi membuat ponsel Anda dapat berjalan lagi dengan baik adalah dengan menghapus atau melakukan uninstall pada beberapa aplikasi yang jarang sekali Anda gunakan atau tidak terpakai sama sekali. Dengan ini, ruang penyimpanan Anda pun akan lebih kosong dan membuat ponsel dapat berjalan kembali dengan lancar. Namun perlu diingat, aplikasi bawaan dari ponsel tersebut tidak akan bisa Anda hapus.

  • Ruang Penyimpanan Penuh

Ponsel dapat mengalami lemot atau penurunan fungsinya karena tidak ada tempat atau semakin kecil tempat penyimpanannya. Sekarang ini, ponsel pintar disediakan dalam 2 tipe penyimpanan, internal dan eksternal. Jika Anda ingin menyimpan lebih banyak data atau pun aplikasi, Anda dapat menyimpannya dalam memori eksternal yang bisa Anda dapatkan di situs belanja online dengan mudah. Namun perlu diingat juga, jangan biarkan memori tersebut hingga penuh tanpa ruang.

  • Terkena Virus

Penyebab lain yang dapat membuat HP Acer Anda bekerja dengan tidak maksimal dan semakin melambat adalah karena terserang virus. Masalah tersebut dapat muncul karena mungkin Anda mengunduh aplikasi yang mengandung virus di dalamnya, atau disebabkan oleh beberapa hal lainnya. Jika ponsel sudah terserang virus, maka ponsel pastinya akan menjadi jauh lebih lambat dan lemot. Oleh karena itu, Anda harus sesegera mungkin untuk menghilangkan virus tersebut agar ponsel bisa berjalan sebagaimana mestinya. Anda bisa menghilangkannya dengan berbagai jenis antivirus yang tersedia untuk tipe dan jenis ponsel Anda.

  • Tutup Aplikasi pada Latar Belakang

Kebiasaan buruk dari pengguna ponsel Android ini adalah sering lupa untuk menutup berbagai jenis aplikasi yang habis mereka gunakan. Jika tidak menutupnya dan ada banyak sekali aplikasi pada latar belakang yang masih berjalan, maka tentu saja hal ini akan membuat ponsel semakin lemot. Tutuplah aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan lagi pada saat tersebut dan jangan membiarkannya berjalan pada latar belakang sekali pun. Pastinya ponsel akan berjalan kembali dengan normal.

  • Bersihkan Cache

Memang tidak banyak yang mengetahui dan mengerti apa itu Cache yang sering ada dalam HP Acer mereka. Hal ini akan memakan data penyimpanan Anda sehingga akan penuh dan selalu membengkak. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan aplikasi penghapusnya dengan sekali sentuh saja atau menggunakan cara manual seperti memilih menu pengaturan, aplikasi, dan hapus data cache.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *