Ibu, Begini Cara Mengatasi Ruam Popok Si Kecil

Gangguan pada kulit bayi yang sensitif sering kali muncul tanpa disadari, bahkan karena hal kecil pun bisa menimbulkan ruam pada kulit. Hal tersebut akan membuat bayi tidak nyaman dan rewel sehingga membuat istirahatnya terganggu. Untuk meredakannya, berikut cara mengatasi ruam popok pada kulit si kecil dengan mudah.

Jaga Kulit Tetap Kering

Kulit bayi yang basah dan lembap merupakan penyebab utama munculnya ruam pada kulit bayi. Oleh karena itu Anda harus menjaganya senantiasa dalam keadaan kering. Apabila Anda memakai popok sekali pakai, pastikan untuk menggantinya dalam kurun waktu sekitar 3 jam. Namun Anda bisa mengantinya sebelum itu apabila popok dirasa sudah penuh.

Sebelum memakaikan popok yang baru pun, pastika kulit bayi benar-benar kering dengan mengelapnya menggunakan handuk kecil yang lembut atau waslap. Pastikan untuk menepuk-nepuk kulit bayi, bukan mengusapnya. Hal ini untuk menghindari gesekan berlebihan pada kulit yang nantinya malah dapat menyebabkan ruam.

Hindari Penggunaan Tisu Berakohol

Walaupun tisu merupakan alternatif yang sangat mudah digunakan dan dibawa kemana pun Anda pergi untuk membersihkan area pantat bayi ketika berganti popok, namun ada baiknya Anda tidak menggunakan produk tersebut. Terlebih apabila kulit bayi sedang mengalami ruam.

Zat alkohol yang terkandung di dalamnya tidak berdampak baik apabila digunakan pada kulit si kecil yang masih sensitif. Sebagai alternative lain, Anda bisa menggunakan handuk kecil ketika berada di rumah serta kapas yang telah diberi air hangat ketika Anda sedang bepergian. Hal ini bisa Anda lakukan sebagai tindakan pencegahan agar ruam di kulit si kecil tidak semakin parah.

Gunakan Popok Kain

Salah satu cara mengatasi ruam popok yang paling efektif adalah dengan menggunakan popok kain yang lembut dan lebih lebih mudah menyerap cairan. Berbeda dengan popok sekali pakai yang bisa menampung pipis hingga lebih dari 3x, popok kain harus diganti setiap kali si kecil buang air kecil.

Hal ini membuat popok senantiasa terjaga kelembapannya dan menghindarkan si kecil dari ruam kulit. Meski begitu, penggunaan detergen juga berpengaruh terhadap penggunaan efektif tidaknya penggunaan popok kain untuk mengatasi ruam kulit si kecil.

Gunakan detergen yang bersifat lembut dan diformulasikan khusus untuk bayi, sehingga manfaat yang didapatkan lebih maksimal. Produk tersebut bisa Anda temukan pada Rinso Gentle, formulasi baru dari Rinso yang diformulaskan khusus untuk kulit sensitif bayi serta ampuh dalam menghilangkan noda bekas makanan pada baju bayi.

Biarkan Tanpa Popok

Sesekali, Anda bisa melepas popok si kecil dan mengajaknya bermain di halaman rumah yang diterangi sinar matahari pagi. Selain bermanfaat untuk mendapatkan sumber vitamin D secara alami, hal ini juga bisa membebaskan pantat si kecil dari sesaknya popok dan membuat sirkulasi udara di area kulit berjalan dengan lancar.

Anda cukup mengajaknya bermain di luar sekitar 15 menit kemudian berpindah ke dalam ruangan agar si kecil tidak duduk di sembarang tempat yang bisa mneimbulkan masalah kulit yang baru. Sebelum memasuki ruangan, pastikan terlebih dahulu agar alas yang digunakan untuk bermain bebas dari bakteri dan kuman.

Itulah beberapa cara mengatasi ruam popok untuk menghindarkan kulit si kecil dari gangguan. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab munculnya ruam pada kulit bayi. Apakah berasal dari penggunaan popok itu sendiri karena sebab lain seperti makanan jenis baru yang dikonsumsi si kecil atau disebabkan karena penggunaan antibiotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *