Kaki Kapalan Bikin Kesal? Ini 5 Bahan yang Mudah Ditemukan di Rumah untuk Tipiskan Penebalan Kulit

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang halus. Tak hanya kulit wajah, tetapi juga kulit bagian tubuh lainnya, seperti telapak kaki atau tumit. Namun, kulit pada tumit dan telapak kaki merupakan bagian yang sering mengalami kapalan.

Kapalan merupakan penebalan dan pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan yang berlebihan, dan ini adalah reaksi tubuh dalam melindungi bagian kulit yang sensitif. Kapalan disebabkan oleh adanya gesekan dan bisa menimbulkan sakit atau malah infeksi jika tidak dirawat dengan baik. Dokter biasanya memberikan cairan acid/asam, alat cukur khusus, atau batu apung untuk menghilangkan kapalan dan membuat kulit lebih halus.

Kapalan bisa dihilangkan dengan menggunakan baking soda. Caranya, campurkan baking soda dengan air hingga berbentuk mirip pasta kemudian oleskan pada bagian kulit yang kapalan secara teratur sampai menipis dan sembuh. Teh yang hangat tidak hanya enak diminum, tetapi juga baik untuk kulit.

Rendam bagian kulit kaki yang kapalan dengan campuran air dan teh chamomile atau tea tree oil. Ini dapat membantu mengeringkan kulit. Jika ada noda teh pada kulit, itu bisa dihilangkan dengan sabun dan air.

Kapalan bisa dicegah dengan mudah, yakni dengan mengoleskan tepung jagung (cornstarch) pada kulit telapak kaki. Ini bertujuan untuk menjaga kulit tersebut tetap kering dan mencegah kapalan dari iritasi dan infeksi lainnya. Metode ini juga dapat meredakan rasa sakit pada kapalan dan mata ikan.

Irisan buah nanas memiliki enzim yang dapat membantu menghaluskan dan menghilangkan kapalan. Caranya, tempelkan irisan nanas segar berukuran kecil pada bagian kulit yang kapalan lalu balut dengan kain/kasa agar tidak bergeser geser. Metode ini dilakukan sekali pada malam hari selama satu minggu.

Mengoleskan buah nanas yang sudah dihaluskan pada area kapalan sebelum dan setelah dibalut juga bisa membantu mempercepat penyembuhan kapalan. Anda bisa menggunakan lendir lidah buaya langsung dari daunnya atau pure aloe gel untuk menghaluskan kapalan. Oleskan daging daun lidah buaya atau gel pada bagian kapalan dan tutupi dengan perban.

Setelah itu, kapalan akan lebih lunak untuk dikelupas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *