Kepribadian Seseorang Berdasarkan Selera Musik, Penggemar Indie Cenderung Introvert

Tahukah kamu bahwa selera musik dapat menunjukkan kepribadian seseorang? Kecenderungan kita memilih genre musik yang enak didengarkan tentu saja melibatkan pikiran dan perasaan. Bukan hal yang mengherankan jika orang lain akan dengan mudah mengetahui kepribadianmu hanya dengan melihat playlist musikmu.

Penelitian yang dilakukan oleh psikolog Jason Rentfrow dan Sam Gosling menunjukkan bahwa mengetahui jenis musik yang didengarkan seseorang dapat benar benar menghasilkan prediksi yang akurat tentang kepribadiannya. Sebagai contoh, para peneliti menemukan bahwa orang dapat membuat penilaian yang akurat tentang tingkat ekstroversi, kreativitas, dan pikiran terbuka seseorang setelah mendengarkan 10 lagu favorit mereka. Ekstrovert cenderung mencari lagu dengan garis bass yang berat sementara mereka yang menikmati gaya yang lebih kompleks seperti jazz dan musik klasik cenderung lebih kreatif dan memiliki skor IQ yang lebih tinggi.

Rentfrow dan Gosling telah memperluas studi mereka, melihat berbagai aspek musik yang dapat dikaitkan dengan preferensi. Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Heriot Watt mengamati lebih dari 36.000 peserta dari seluruh dunia. Peserta diminta untuk menilai lebih dari 104 gaya musik yang berbeda selain menawarkan informasi tentang aspek kepribadian mereka.

Perlu diingat bahwa ini adalah hasil yang diterbitkan hanya dalam satu studi daripada direplikasi dan divalidasi oleh berbagai peneliti dan desain penelitian yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa ciri kepribadian yang mereka tautkan dengan gaya musik tertentu: Apakah kamu lebih suka mendengarkan 40 hit teratas?

Apakah lagu terbaru dari Rihanna, Selena Gomez, dan Flo Rida masuk dalam playlist mu? Jika demikian, kemungkinan kamu juga cenderung ekstrovert, jujur, dan konvensional. Sementara pecinta musik pop bekerja keras dan memiliki harga diri yang tinggi, para peneliti menyarankan bahwa mereka cenderung kurang kreatif dan lebih tidak nyaman.

Apakah Snoop Dogg dan Dr. Dre lebih kamu senangi? Terlepas dari stereotip bahwa pecinta rap lebih agresif atau keras, para peneliti sebenarnya tidak menemukan hubungan seperti itu. Penggemar rap cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan biasanya keluar.

Apakah kamu lebih suka menonton CMT daripada MTV? Penggemar musik country biasanya pekerja keras, konvensional, dan ramah. Sementara lagu lagu country sering berpusat pada patah hati, orang orang yang condong ke genre ini cenderung sangat stabil secara emosional.

Meskipun kadang kadang gambar agresif bahwa proyek musik rock dan heavy metal, para peneliti menemukan bahwa penggemar gaya musik ini biasanya cukup lembut. Mereka cenderung kreatif, tetapi sering introvert dan mungkin menderita harga diri rendah. Apakah kamu suka mencari band dan artis indie yang tidak dikenal?

Penggemar genre indie biasanya introvert, intelektual, dan kreatif. Menurut peneliti, mereka juga cenderung kurang rajin bekerja dan kurang lembut. Pasifitas, kecemasan, dan harga diri yang rendah adalah karakteristik kepribadian umum lainnya.

Apakah kamu suka irama musik dansa yang bergerak cepat? Menurut peneliti, orang yang lebih suka musik dansa biasanya ramah dan asertif. Pecinta musik klasik biasanya lebih tertutup tetapi juga nyaman dengan diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka.

Mereka kreatif dan memiliki rasa harga diri yang baik. Orang yang menikmati musik jazz, blues, atau soul ditemukan lebih ekstrovert dengan harga diri yang tinggi. Mereka juga cenderung sangat kreatif, cerdas, dan nyaman.

Menurut peneliti Adrian North dari Heriot Watt University di Edinburgh, Inggris, alasan orang terkadang merasa defensif terhadap selera musik mereka mungkin terkait dengan seberapa banyak hubungannya dengan sikap dan kepribadian. "Orang orang benar benar mendefinisikan diri mereka sendiri melalui musik dan berhubungan dengan orang lain melalui itu tetapi kita belum tahu secara rinci bagaimana musik terhubung ke identitas," jelasnya. Lain kali saat menyusun daftar putar untuk didengarkan selama perjalanan atau latihan, pertimbangkan bagaimana kepribadianmu dapat tercermin dalam pilihan lagu itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *