Konsumsilah 6 Makanan Ini untuk Menstimulasi Kontraksi

Menjelang datangnya waktu persalinan Anda, kontraksi merupakan hal yang normal terjadi. Terjadinya pergerakan pada otot-otot rahim Anda, akan membantu proses keluarnya bayi dari dalam rahim. Kondisi ini tentu saja diperlukan, apalagi mengingat Anda yang ingin melahirkan secara normal. Lewat konsumsi 6 makanan berikut, Anda bisa menstimulasi otot rahim Anda.

  1. Nanas

Dilansir dari parenting.firstcry.com, buah nanas bisa membantu untuk melembutkan rahim dan menstimulasi pergerakan otot-otot yang ada didalamnya. Kondisi ini bisa terjadi karena buah nanas mengandung enzim bromelin, yang begitu banyak jumlahnya dibandingkan dengan buah lain. Saat Anda mengonsumsi buah ini, enzim akan memicu terjadinya pembukaan jelang melahirkan.

  1. Bawang Putih

Bahan dapur yang satu ini bisa Anda andalkan untuk memicu pergerakan otot rahim jelang melahirkan. Bawang putih akan menstimulasi perut, sehingga Anda terpaksa harus mengosongkan isi perut Anda. Kondisi ini merangsang terjadinya pembukaan, awal dari proses persalinan.  Anda tinggal menunggu rentetan pembukaan hingga akhir, sampai bayi Anda dilahirkan.

  1. Pepaya Muda

Pada buah pepaya muda, ditemukan banyak kandungan enzim papain. Enzim ini akan memicu pengaktifan hormon oksitosin dan prostaglandin, sehingga akan terjadi kontraksi pada rahim. Perlu diingat, pengonsumsian buah pepaya muda harus tetap Anda konsultasikan dengan dokter. Jika buah pepaya muda dikonsumsi pada saat hamil muda, malah dapat menyebabkan keguguran.

  1. Minyak Jarak

Minyak jarak hasil ekstraksi dari biji tanaman jarak, juga dipercaya efektif untuk menstimulasi pembukaan. Kondisi ini akan membantu Anda yang ingin menjalani persalinan secara normal. Sebelum mengonsumsi minyak jarak, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter. Hal ini disebabkan karena minyak jarak punya efek samping yang menyebabkan rasa mual dan diare.

  1. Air Rendaman Rempah Jintan

Jenis rempah satu ini juga bisa Anda jadikan sebagai stimulan menjelang masa persalinan. Anda cukup merendam sekitar satu sendok teh jintan dalam air mendidih, lalu diminum saat Anda telah mendekati masa melahirkan. Jintan tak hanya dikenal sebagai rempah dapur yang bisa menstimulasi rahim, namun juga sebagai pengusir rasa kembung dan masalah pencernaan lainnya.

  1. Makanan Pedas

Tak hanya nikmat, makanan pedas juga dipercaya bisa menstimulasi rahim jelang melahirkan. Makanan pedas memicu kerja hormon prostaglandin, sehingga terjadi gerakan pada dinding rahim. Selain itu, zat kapsaisin pada makanan pedas juga akan merangsang pergerakan isi perut serta kandungan Anda. Tetapi, Anda jangan sampai mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan ya.

Asupan makanan merupakan salah satu faktor yang bisa menstimulasi kontraksi jelang waktu melahirkan. Selain makanan di atas, Anda bisa bertanya pada para dokter kandungan di orami.co.id mengenai jenis makanan lain yang bisa memperlancar pembukaan. Stimulasi yang bagus pada otot-otot rahim Anda, tentu akan mempermudah jalannya proses persalinan Anda secara normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *