Mainan Bayi yang Bisa Menstimulasi Saraf Motorik dan Sensorik

Saat ini jenis mainan bayi cukup beragam, tak heran jika kebanyakan orang tua merasa bingung saat memilihkan. Terlebih lagi ternyata mainan juga memiliki peranan yang cukup penting untuk menunjang tumbuh kembang sang buah hati. Ternyata ada juga beberapa jenis mainan yang mampu menstimulasi sarafmotorik dan sensoriksikecil. Apa saja sih? Yuk simak ulasan berikut.

Ayunan dan Bouncer

Ayunan atau baby bouncer merupakan salah satu benda terbaik untuk bayi yang baru lahir. Sebab biasnya baby bouncer ini dilengkapi dengan mainan gantung berwarna-warni yang kontras dan mampu menarik perhatian sang buah hati. Kegiatan si kecil saat berada di dalam bouncer akan mengasah keterampilan awalnya yakni meraih mainan atau benda yang berada di atasnya.

Play Gym

Mainan bayi yang satu ini sering direkomendasikan oleh pakar untuk menunjang pertumbuhan bayi usia 1 hingga 6 bulan. Alas yang berwarna-warni ini tentunya akan memancing sensor motorik sang buah hati. Terlebih lagi jenis mainan ini dilengkapi dengan musik yang mampu merangsang kemampuan kognitif sang buah hati.

Jenis mainan ini sangat direkomendasikan untuk bayi yang sudah berusia 4 bulan. Sebab pada usia ini si kecil sudah mulai paham dengan berbagai suara yang biasa didengar. Tak hanya itu saja, bermain di atas matras juga mampu meningkatkan kemampuan otot perut sang buah hati. Si kecil dapat bergerak dengan bebas mengikuti apa yang ingin diraih.

Rattle

Rattle juga merupakan salah satu mainan yang mampu menstimulasi penglihatan dan pendengaran sang buah hati. Warnanya yang cukup beragam mampu membuat kognisi si kecil terasah. Bahkan suara yang dihasilkan juga cukup menarik perhatian sang buah hati. Permainan yang satu ini mampu mengajarkan kepada si kecil mengenai sebab akibat.

Permainan ini ada yang terbuat dari tekstur yang lembut, namun juga ad ayang terbuat dari bahan plastik keras. Mainan ini juga memiliki bentuk yang cocok untuk sang buah hati kerana mudah digenggam. Hal yang paling penting adalah mainan yang satu ini cukup mudah untuk dibersihkan dan dicuci.

Mainan di Stroller atau Car Seat

Kini car seat merupakan salah satu perlengkapan bayi yang cukup dibutuhkan bagi para orang tua millennial. Bahkan di berbagai negara maju perlengkapan yang satu ini wajib ada di dalam mobil saat berkendara bersama bayi. Hal yang cukup penting untuk Anda lakukan adalah menyertakan mainan di dalamnya.

Dengan begitu maka car seat atau stroller akan lebih sering digunakan oleh si kecil. Tak hanya itu saja, hal ini juga bertujuan agar si kecil dapat tetap bermain di mana saja sekaligus mengajarkan kepada sang buah hati bahwa mereka harus terus bergerak di lingkungan yang baru sekalipun.

Buku-Buku Bergambar

Anda pasti sudah tahu mengenai manfaat buku bagi perkembangan sang buah hati bukan? Tanpa disadari menemani sang buah hati membaca ternyata memiliki peranan yang cukup penting untuk perkembanganbahasa dan kosa kata sang buah hati.

Bahkan kini Anda juga bisa menggunakan buku-buku yang terbuat dari bahan kain yang lembut sehingga tidak mudah sobek ketika dipegang sang buah hati. Untuk itu pastikan Anda selalu menemani si kecil agar lebih fokus mendengarkan kata-kata yang Anda bacakan.

Nah itulah beberapa jenis mainan bayi yang baik untuk perkembangan sarafmotorik dan sensorik sang buahhati. Untuk itu pastikan Anda selalu memilih mainan yang mampu mencerdaskan snag buah hati. Dapatkan berbagai pilihan mainan untuk sang buah hati dengan harga yang kompetitif hanya di jakmall.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *