Mendekati Akhir Bulan, Ini Cara Menghemat Paket Internet XL

Mendekati akhir bulan, sepertinya semua jadi serba tipis, ya? Termasuk paket internet XL atau provider lainnya untuk keperluan Anda? Kalau sudah begini, tentunya Anda harus melakukan penghematan agar paket internet sampai akhir bulan dan Anda tetap bisa browsing dengan nyaman. Ini dia cara menghemat yang bisa Anda terapkan!

  1. Gunakan Mode Offline

Cara paling mudah yang bisa Anda terapkan untuk menghemat paket internet adalah dengan menggunakan mode offline tatkala tidak digunakan. Beberapa aplikasi bisa Anda ubah dalam bentuk offline seperti Youtube dan Google Maps. Anda juga bisa mengunggah fitur layanan aplikasi streaming music untuk penghematan kalau memang sedang tidak diperlukan.

  1. Matikan Koneksi Internet

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar tak boros kuota internet adalah dengan mematikan koneksi internetnya saat tidak digunakan. Cara menghemat kuota internet ini sangat efektif apabila Anda ingin berhemat. Terlebih, bila di tempat Anda kerja atau kuliah ada wifi. Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk tetap terhubung dengan internet.

  1. Atur Notifikasi Peringatan Penggunaan Data

Cara menghemat penggunaan kuota internet lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur notifikasi peringatan penggunaan data. Untuk hal ini, Anda harus tahu dulu berapa data yang Anda gunakan dalam satu harinya dan berapa batasan yang Anda inginkan. Nantinya, bila penggunaan kuota sudah mendekati, Anda akan mendapat peringatan.

  1. Pakai Browser yang Lebih Efisien

Kalau Anda tetap harus terhubung dengan internet semisal untuk kebutuhan pekerjaan atau tugas, sebenarnya Anda tetap bisa melakukan penghematan internet. Caranya adalah Anda harus menggunakan browser yang lebih efisien dalam penggunaan data. Browser default bawaan ponsel biasanya lebih boros dalam penggunaan kuota internet.

Nah, Anda bisa mengatasinya dengan aplikasi lain seperti Opera Mini. Browser ini memang sudah terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota internet secara premier dengan mengompres website yang Anda kunjungi. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur Data Saving Video Boost.

Dengan fitur ini, Anda tentunya bisa melakukan penghematan paket internet XL atau paket internet dari provider lainnya. Anda juga bisa mengoptimalkan kualitas gambar tanpa harus menyedot data internet yang besar. Selain Opera Mini, Anda juga bisa menggunakan Google Chrome dengan pengaturan tertentu lebih dulu.

  1. Nonaktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tak Diinginkan

Anda mungkin tak tahu, namun sebenarnya ada banyak akun yang bisa melakukan sinkronisasi otomatis pada ponsel Anda. Hal ini tentunya bisa memakan kuota internet tanpa Anda sadari. Nah, untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mematikan atau menonaktifkan sinkronisasi otomatis pada beberapa akun yang jarang digunakan.

Bagaimana caranya? Mudah saja. Anda bisa masuk ke menu pengaturan lebih dulu. Lalu, masuk ke menu Accounts dan lanjutkan dengan memilih akun yang tak ingin Anda sinkronisasikan.

  1. Batasi Update Aplikasi

Trik ampuh penghematan kuota internet lain adalah dengan membatasi update aplikasi secara otomatis kecuali Anda menggunakan layanan wifi. Tanpa disadari, aplikasi sering update otomatis dan ini tentu akan memakan kuota lumayan. Anda bisa melakukan pengaturannya di menu Setting untuk mematikan update otomatis ini.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat paket internet XL atau paket provider lainnya agar tak habis sebelum gajian. Setidaknya, Anda bisa tetap terhubung meski terbatas, kan? Nah, kalau sudah gajian, Anda bisa beli paket internet dengan harga murah dan banyak diskon di Blibli, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *