Mengenal Kartu GPN dan 3 Manfaatnya

Tentu saja Anda pernah mendengar kata visa atau MasterCard. Kedua perusahaan ini merupakan perusahaan yang menyambungkan pembayaran di seluruh dunia. Dua perusahaan inilah yang sudah sangat dikenal. Tapi kini kartu GPN telah hadir. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengenal kartu ini dan apa saja manfaatnya?

Gerbang Pembayaran Nasional

Setiap kali kita melakukan transaksi ke luar negeri maupun antar bank biasanya kita membayar pajak kepada visa ataupun MasterCard. Hal ini memang nilainya sangat besar apabila diakumulasikan di seluruh Indonesia dan setiap orang yang memiliki kartu ATM ataupun kartu kredit. Dalam sehari ada angka yang lebih dari jutaan transaksi.

Pemerintah melihat peluang ini sebagai tempat untuk hadir menjadi salah satu pembantu bagi masyarakatnya. Gerbang pembayaran nasional ini bertujuan untuk membebaskan masyarakat dari pajak visa ataupun MasterCard. Gerbang Pembayaran nasional sudah dipakai oleh hampir seluruh bank di Indonesia.

Dengan bekerjanya sistem ini Anda tidak perlu membayar kepada visa atau MasterCard. Pada beberapa kesempatan memang Anda tidak bisa menghindari transaksi dengan kedua perusahaan tersebut. Tapi saat ini untuk transaksi dalam negeri kita bisa meminimalisir transaksi yang tidak diperlukan hingga uang kita tidak terlalu banyak dipotong.

Membantu Devisa Negara

Munculnya GPN menjadi salah satu hal yang dapat membantu devisa negara kita untuk tetap survive. Dengan melihat perkembangan ekonomi yang semakin maju sekarang, pembayaran menggunakan cashless sudah sangat banyak digunakan. Apabila kartu ini hanya menarik pajak sekitar 50 rupiah setiap transaksi maka itu bisa saja menjadi sangat menguntungkan.

Ketika transaksi itu diakumulasikan kepada seluruh pengguna kartu ini maka nilainya bisa cukup besar. Nilai ini mampu membantu Indonesia untuk bisa terus survive dan juga menambah devisanya dengan lebih baik.

Kartu ini sudah mulai berjalan sejak 2019 lalu. Sistem ini bisa dibilang cukup efektif untuk menggantikan visa dan MasterCard yang tidak punya pesaing. Kini kartu ibu membuat kita semua akan jauh lebih berhemat ketika bertransaksi. Walaupun tidak semua transaksi bisa di cover oleh kartu ini apalagi untuk pembayaran ke luar negeri.

Lebih Efisien

Secara tidak langsung ketika kita menggunakan kartu ini maka pasti sudah efisien. Sebab kartu ini sudah dapat dipakai di seluruh mesin ATM ataupun toko-toko yang tersedia di Indonesia. Kita tidak perlu pergi ke ATM dan melakukan penarikan terlebih dahulu sebelum kita melakukan pembayaran. Hal inilah yang membuat kartu menjadi lebih spesial saat ini.

Keefisienan dan prosesnya yang cepat membuat kartu ini sangat banyak dipakai oleh bank-bank di Indonesia. Terlebih lagi kartu  tidak memberikan biaya tambahan kepada para pelanggannya. Hal itu tentu terasa sangat menguntungkan bagi mereka yang sering melakukan banyak transaksi. Pemotongan ongkos tambahan ini memang tidak cukup banyak tapi akan terasa perbedaannya.

Adanya kartu ini sudah membantu kita yang sering melakukan transaksi melalui bank. Tidak ada ongkos tambahan dan juga prosesnya yang cepat merupakan salah satu keunggulan dari kartu ini. Secara tidak langsung kartu ini juga sudah menjadi seperti fasilitas pemerintah yang disediakan untuk masyarakat. Meski masih perlu di improve lagi kartu ini sudah dinilai cukup baik.

Sistem Chip

Kartu ini tetap mempunyai kartu fisik. Kartu fisik ini ini sudah memakai sistem chip yang keamanannya sangat terjamin. Hal itu membuat kita para pelanggan sangat puas dengan apa yang dihadirkan oleh kartu ini. Kartu ATM yang menggunakan chip ini sekarang sudah menjadi standar keamanan bagi bank di Indonesia.

Sepertinya akan sangat mudah bagi kita apabila kita memahami sebenarnya apa fungsi dari kartu GPN. Jika Anda berniat membuat ATM Anda bisa mengunjungi kantor Maybank dan jika Anda ingin mengetahui tentang kelebihan kartu ATM Maybank Anda bisa mengunjungi website maybank.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *