Mengulas Tentang Beberapa Fungsi Gear Motor yang Harus Anda Ketahui

Komponen pada kendaraan roda dua ini, mungkin akan dianggap tidak terlalu penting untuk diperhatikan, karena memang letaknya yang berada dibawah dan memiliki bentuk yang kecil. Namun tahukah Anda, bahwa komponen ini sebetulnya memiliki fungsi yang sangat signifikan pada laju kendaraan roda dua yang Anda miliki, sehingga perawatan secara khusus pun harus Anda lakukan. Ya, gear box dan rantai merupakan komponen yang selalu terkait dalam fungsi kerjanya, dimana gerak dari motor akan bergantung pada komponen yang satu ini. Bagi Anda yang memang belum mengerti dengan fungsi dari komponen yang satu ini, berikut ini paparan secara lengkap mengenai fungsi dari gear motor yang harus Anda ketahui dengan benar:

 

  • Menggerakkan roda motor

Fungsi dari gear yang utama adalah menggerakkan roda pada motor, gear nantinya akan terhubung dengan mesin motor yang berputar, sehingga dapat memutar antara ban depan dan belakang dengan sambungan rantai yang ada pada gear depan dan belakang dari motor roda dua tersebut. Fungsi gear utama inilah, yang membuat motor roda dua yang kita gunakan menjadi dapat bergerak pada bagian ban depan dan belakangnya.

  • Mentransfer gerakan mesin ke dalam roda

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa gear motor biasanya akan diletakkan berhubungan secara langsung dengan bagian mesin motor. Mesin motor yang bergerak dengan arah berputar inilah, yang nantinya juga akan menggerakkan gear, yang terhubung dengan roda belakang motor, sehingga tenaga gerak putar dari mesin dapat diterima oleh roda belakang motor, yang kemudian disambung ke bagian roda depan dengan menggunakan bantuan dari rantai motor.

  • Pengatur irama perpindahan gigi ataupun transmisi pada motor

Fungsi gear yang satu ini, memang hanya dapat diperoleh pada jenis motor dengan sistem transmisi manual, dimana gear pada motor akan membantu mengatur irama perpindahan gigi ataupun transmisi kecepatan, sehingga tidak membuat sistem kecepatan pada motor menjadi tidak beraturan. Dengan adanya gear inilah sistem transmisi kecepatan akan dapat dilakukan dengan perlahan, sehingga irama kecepatan dapat terbentuk dengan baik dan tidak mengagetkan para penggunanya.

Melihat fungsi dari gear yang cukup signifikan inilah, sudah sewajarnya jika kita sebagai pemilik motor untuk selalu menjaga kebersihan dan fungsi dari gear tersebut. Lakukanlah perawatan secara berkala pada mesin dan bagian gear tersebut, berikanlah pelumas pada gear, agar nantinya tidak terjadi korosi yang akan menyebabkan fungsi dari gear menjadi tidak optimal akibat banyaknya kotoran dari korosi yang terjadi. Membersihkan sela-sela antara gear dan rantai pun akan dianjurkan untuk menjaga fungsi optimal dari gear, rantai dan mesin.

Jika gear pada motor Anda mengalami permasalahan, maka segera bawalah kendaraan roda dua Anda pada ahlinya, dan jangan melakukan perbaikan sendiri, jika memang Anda tidak memiliki kemampuan ataupun keahlian dalam memperbaiki sepeda motor, karena hal tersebut justru dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan yang lebih parah lagi. Akan lebih disarankan Anda untuk membawa motor tersebut pada bengkel resmi agar penanganan yang dilakukan lebih tepat.

Jika Anda disarankan untuk mengganti gear motor Anda yang rusak, maka gantilah dengan gear asli dari merk motor yang Anda miliki. dengan spare part asli, Anda tidak hanya akan mampu melakukan perbaikan dengan sempurna, namun Anda juga secara langsung akan menjaga fungsi optimal dari part lainnya yang terkait dengan gear tersebut. Berbagai jenis dan merk gear asli, kini dapat anda temukan di berbagai situs belanja online dengan tawaran harga yang murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *