Rekomendasi Beberapa Peralatan Printer Terbaik Di Tahun 2019

Printer adalah salah satu mesin pencetak dokumen atau foto yang selalu digunakan untuk aktivitas kantor. Dulu printer hanya sebatas pada pencetak dokumen saja, namun saat ini printer sudah memiliki banyak fungsi seperti, scan, fotocopy dan mengirim fax.

Dengan mulai dari printer dot matrix dan jenis printer pada umumnya bahkan sampai berbagai jenis tinta printer. Untuk itu, disini kami akan sedikit mengulas dan memberikan rekomendasi tentang beberapa printer jenis dot matrix dan jenis-jenis tinta printer biasa.

 

  • Printer Dot Matrix

Printer dot matrix adalah printer yang  fungsinya mencetak kwitansi, amplop dan top map. Printer ini juga termasuk ke golongan printer lama, karena fungsi dari jenis printer ini adalah untuk menyalin dokumen dengan menggunakan karbon atau menyatukan titik-titik yang dapat menghasilkan suatu dokumen yang bisa dikatakan juga sama persis dengan mesin tik. Printer jenis ini memang sudah jarang digunakan, kenapa? karena printer ini sudah ketinggalan jaman. Namun buat kamu yang memang ingin tahu merk printer dot matrix yang berkualitas, berikut ini rekomendasinya.

  • Epson LQ 2190

Printer ini memiliki kecepatan cetak yang tinggi membuat head print yang merupakan terdiri dari 24 pin. Kamu harus tahu bahwa semakin banyak jumlah pin akan semakin cepat cetak yang dihasilkan. 24 pin adalah jumlah pin yang tertinggi saat ini, kemampuan ini membuat printer mampu mencetak 480 karakter dalam satu detik. Dengan daya cetak yang tinggi ternyata tidak lantas membuat usia printer ini lebih pendek justru printer ini lebih tahan lama dibandingkan printer-printer lainnya. LQ 2190 ini mampu bekerja non stop hingga 20.000 jam dan juga mampu mencetak 400 juta kali.

  • Epson LX 50

Kemudian ada printer dot matrix lainnya dari Epson LX 50 yang dibekali dengan 9 pin yang mampu menghasilkan cetakan kolom maksimal 160 kolom. Kemampuan cetak yang dimiliki printer ini adalah 300 karakter per detik. Dimensi yang ada di printer ini cukup kecil yang membuatnya dapat diletakan dimana saja. Dari segi konektivitas hanya menggunakan USB saja tetapi didukung  dengan semua sistem operasi .

  • Selanjutnya ada tinta printer yang merupakan salah satu benda paling penting bagi kegiatan percetakan yang menggunakan printer. Jika tidak ada benda ini, printer pun tidak akan bekerja secara sempurna. Tinta mempunyai 4 varian warna dasar yaitu merah, kuning, biru dan hitam. Nah, disini kami akan mengulas beberapa macam tinta.
  • Tinta Pigment

Tinta ini merupakan salah satu jenis tinta printer yang terbuat dari macam macam bahan material yaitu air, colourant, pigment, dan beberapa bahan kimia. Tinta ini menghasilkan hasil cetak yang lebih tajam dari tinta dye base lainnya.

  • Tinta Solvent

Tinta ini mempunyai 2 varian yaitu indoor dan outdoor, tinta ini sering digunakan pada printer yang besar atau bisa disebut juga dengan mesin digital printing, seperti mencetak banner atau spanduk serta penunjuk arah.

Itulah beberapa macam merk printer dot matrix dan tinta printer yang terbaik tahun 2019. Semoga apa yang kami ulas dapat membantu kamu memilih printer dan tinta, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *