Sasaran dan Tahapan Melakukan Audit Energi

Perusahaan Audit Energi ikut berperan penting dalam bekembangnya suatu perusahaan. Aktivitas dalam menghasilkan suatu produk tentu tidak dapat terlepas dari besarnya penggunaan energi listrik. Kenaikan harga energi listrik yang terus meningkat berdampak langsung dengan biaya produksi sehingga harga produk jadi juga meningkat.  

Beberapa Sasaran dan Tahapan Audit Energi

Perusahaan Audit Energi akan membantu dalam mencari solusi tepat bagaimana menghemat energi listrik dan mencarikan alternatif lain. Bantuan dari perusahaan audit energi akan membuat pengeluaran biaya input perusahaan menurun atau jauh lebih hemat.

Audit dalam arti luas bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi, proses, sistem atau produk. Audit dilaksanakan oleh seseorang yang tidak memihak, objektif dan kompeten. Tujuan dilakukannya audit yaitu untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan sesuai standar yang telah disetujui dan diterima. Sasaran yang akan dicapai pada audit energi yaitu

  1. Meningkatnya peran serta industri dalam program konservasi energi.
  2. Menurunnya intensitas penggunaan energi di industri
  3. Pengurangan pencemaran yang dapat merusak kualitas lingkungan
  4. Pengurangan ketergantungan terhadap Bahan Bakar Minyak
  5. Peningkatan efisiensi penggunaan energi dalam produksi
  6. Peningkatan daya saing produk

Tahapan audit dibagi menjadi 3 :

  • Audit Energi Awal

Audit energi awal meliputi pengumpulan dan penyusunan data historis energi pada tahuan sebelumnya. Auditor atau orang yang melakukan audit energi menghitung intensitas konsumsi energi tahun sebelumnya dan membandingkan standar konsumsi apakah hemat, sedang atau boros.

  • Audit Energi Rinci

Audit energi Rinci yaitu melakukan penelitian dan pengukuran konsumsi energi dan membandingkan hasil pengukuran dengan standar Intesnitas Konsumsi Energi.

  • Implementasi

Tahapan terakhir yaitu mengimplementasikan rekomendasi dari hasil anaslis PHE Re Enginering Investasi tambahan dan investasi baru.

Anda harus bisa memilih Perusahaan Audit Energi yang profesional agar perusahaan pun semakin berkembang dan maju. Anda dapat memberikan kepercayaan pada https://sewatama.com/id/ berkaitan dengan audit energi. Kami tidak hanya berpengalaman dalam audit energi saja. Tetapi kami juga menyediakan beberapa penyewaan peralatan yang akan membantu Anda dalam menghemat energi listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *