Setelah IPB Rebranding Menjadi ‘IPB University’, Akankan Sepopuler Dulu???

Awal tahun 2019 ini, kabar rebranding nama kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) yang semula dikenal dengan IPB berubah menjadi ‘IPB University’. Terdengar lebih ke-Inggris-an memang nama baru ini, namun apa sebenarnya alasan dibalik rebranding ini dilakukan?

Alasan dasar terjadinya rebranding nama IPB adalah karena dualisme terjemahan IPB yang mana IPB dalam Bahasa Inggris dapat berarti “Bogor Agricultural Institute” atau bisa juga berupa “Bogor Agricultural University”. Diantara 2 arti ini, sengaja pihak kampus IPB memilih “University” untuk menunjukkan bahwa IPB memiliki program studi yang banyak dan lebih luas. Pertimbangan lainnya ialah, seringkali banyak orang yang mengira bahwa nama Pertanian pada IPB hanya sebatas nama kampus yang studinya terfokus pada bidang pertanian saja, padahal kenyataannya tidak. IPB kini telah banyak memiliki berbagai program studi, dimana masing-masing ditangani oleh dosen IPB  yang berkualitas. 

Pada suatu kesempatan, rektor IPB bernama Dr. Arif Satria menyatakan, startegi rebranding memang sah-sah saja bahkan cara ini kerap dilakukan oleh sebagian corporate brand, hal ini guna memberikan simplicity saat pengucapan nama namun mampu berdampak pada kesolidan serta exposurenya. Demi pertimbangan inilah IPB menjadi “IPB University” saat ini. Meski kampus ini sudah sangat terkenal dengan nama IPB, akankah rebranding yang dilakukan berdampak pada kepopuleran kampus ? Sepertinya hal ini tidaklah cukup berarti bagi mereka yang terkait dengan kampus IPB, seperti para dosen IPB, staf bahkan para mahasiswanya. Nyatanya, perubahan nama tidak mempengaruhi kualitas pendidikan di IPB. IPB tetap berupaya untuk memberikan kualitas pendidikan yang baik bagi setiap peserta didiknya.

Tidak hanya soal nama kampus yang mengalami rebranding, perlu diketahui jika untuk slogan juga mengalami perubahan. IPB yang dulunya mengusung slogan “Searching and Serving The Best”, kini menggantinya dengan slogan yang lebih singkat yaitu “Inspiring Innovation With Integrity”. Berbagai perubahan ini tentunya telah melewati proses yang panjang dan melibatkan berbagai pihak. Hasil kajian ilmiah mengenai brand IPB University sudah beberapa kali disampaikan pada banyak acara seperti pertemuan dengan stakeholder, rapat akedemik hingga diskusi dengan para tokoh. Untuk tahap selanjutnya, penyebutan nama IPB dalam Bahasa Inggris ini harus melewati proses pengesahan dan putusan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) IPB. 

Melihat dari sudut pandang sebagai orang awam, perubahan nama IPB menjadi ‘IPB University’ tidaklah menimbulkan perubahan yang terlalu siginifikan terutama masalah kepopuleran nama kampus itu sendiri. Pasalnya, nama sebelum dan sesudah rebranding tidak terlalu jauh sehingga meski orang menyebut nama IPB University, orang lain bisa saja mengira yang dimaksud ialah IPB. Adanya rebranding pada nama IPB hendaknya diinfokan lebih luas kepada masyarakat khususnya kepada mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari kesalahanpahaman. Banyak cara yang bisa dilakukan guna menyebarkan info tentang perubahan nama ini, seperti penyebaran info pada media sosial resmi, membuat artikel yang membahas seputar dunia kampus IPB, pertemuan dan diskusi serta lainnya. Selain IPB, ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang juga turut melakukan perubahan nama atau rebranding. Ada beberapa alasan yang mendorong hal ini dilakukan seperti singkatan nama kampus yang mirip dengan kampus lainnya sehingga seringkali menimbulkan kekeliruan dan salah paham, alasan lainnya yaitu agar lebih ringkas dan mudah dalam penyebutan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *