Tips Kilat Menjual rumah dengan Mudah

Cara Menjual Properti dengan Cepat contohnya saja seperti rumah, merupakan Cara Bisnis Properti yang bisa dibilang susah-susah gampang. Tidak setiap orang yang membutuhkan rumah langsung sepakat untuk membelinya dalam jangka waktu yang relatif singkat karena beragam pertimbangan. Disaat kamu membutuhkan uang cash segera untuk usaha, tentunya kamu ingin rumah yang sedang ditawarkan cepat terjual. Namun jangan tergesa-gesa bertindak. Jual rumah perlu strategi dan perencanaan matang agar hasilnya sesuai dengan yang kamu harapkan.

Kamu perlu memahami juga tata cara jual beli rumah yaitu calon pembeli juga perlu waktu untuk mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli rumah. Selain harga yang cocok, tentunya lokasi yang strategis, lingkungan yang aman dan nyaman menjadi pertimbangan pembeli. Selain itu kelengkapan surat-surat kepemilikan rumah juga menjadi pertimbangan mereka.

Pasang harga standard

Cara menjual rumah dengan cepat yang pertama tentunya, pasang harga standard pada rumah kamu. Maksudnya, kamu harus tahu harga pasaran type rumah kamu dengan type-type yang sejenis. Ada baiknya kamu mencari tahu harga pasaran rumah melalui koran atau majalah properti. Letak rumah yang strategis juga perlu menjadi pertimbangan kamu saat menentukan harga.  Bila kamu memberikan harga terlalu tinggi dari harga rata-rata, pembeli akan sungkan melihat bahkan tidak berani mencoba menawar. Hal ini berdampak kurang bagus juga. Bila semakin lama rumah tidak terjual, kamu bisa jadi membanting harga ke titik lebih rendah dari standard.

Percantik Rumah

Paling mudah adalah mengecat rumah agar terlihat lebih segar dan baru lagi. Bila ada halaman terbuka, sempatkan memotong rumput dan tanaman perdu yang terlalu rimbun dan menganggu pemandangan di halaman. Penampakan halaman rumah yang rapi akan semakin menarik perhatian banyak calon pembeli. Rumah dengan lingkungan yang bersih merupakan Ciri-Ciri Rumah Sehat yang tentunya akan diminati bagi pembeli nantinya.  Rumah bila ditinggal pemiliknya terlalu lama tanpa dirawat, maka akan terlihat kumuh dan angker. Calon pembeli tentu akan takut untuk mendekatinya. Bila perlu, kamu harus memperbaiki bagian-bagian rumah yang terlihat rumah. seperti pagar halaman atau talang air yang bocor.  Akan percuma bila dinding rumah sudah cantik dengan cat baru, namun talang air yang bocor merembeskan air hujan di dinding dan menimbulkan bekas tidak bagus.

Kosongkan Rumah

Bila kamu sudah memiliki rumah baru, tentu cukup mudah untuk memindahkan perabot-perabot dalam rumah. Sehingga rumah terlihat lebih lapang dan calon pembeli bisa leluasa mengatur perkiraan tata rumah dalam harapan mereka. Perabot-perabot yang sudah tidak terpakai jangan disimpan dalam rumah yang akan dijual. Poster, lukisan, foto, tulisan, hiasan apapun yang tertempel di dinding harus segera dicopot.  

Iklankan seluas-luasnya

Cara jual rumah dengan cepat yang keempat adalah memasang papan iklan. Informasikan bahwa kamu sedang menjual rumah kamu kepada keluarga, tetangga dan teman-teman kantor kamu. Semakin banyak orang yang tahu, maka kesempatan kamu mendapatkan calon pembeli dengan cepat. Jangan lupa pasang papan iklan “Rumah Dijual” di depan rumah beserta nomor telepon yang bisa dihubungi.  Memasang iklan melalui media massa, koran regional dan koran nasional juga salah satu cara mempercepat kamu menjual rumah.

Manfaatkan internet dan media sosial

Jaman sekarang, media sosial sudah menjadi rumah kedua dan sumber berita bagi masyarakat. Jadi kemungkinan 50 persen mendapatkan pembeli dari internet dan media sosial juga patut diperhitungkan.  Mempromosikan rumah melalui media sosial juga perlu persiapan matang. Lakukan hal-hal berikut ini:

  • Foto rumah kamu dari berbagai sudut pandang; tampak depan, samping, jika perlu bird-view.
  • Foto juga keadaan lingkungan di sekitar rumah. Keadaan jalan, jarak antar rumah tetangga, dan taman terdekat jika ada.
  • Pasang iklan rumah kamu di situs gratis. Menggunakan situs berbayar juga lebih baik, sehingga kamu mendapatkan prioritas lebih.
  • Berikan penjelasan tentang rumah kamu; ukuran type rumah, akses jalan, fasilitas dekat rumah seperti pasar, sekolah, mall, taman bermain, dan sejenisnya.
  • Tambahkan denah lokasi rumah kamu dari pusat kota.
  • Dengan melengkapi deskripsi rumah kamu, maka akan banyak peluang calon pembeli melirik rumah tersebut.

Menyerahkan promosi rumah pada agen property merupakan langkah terakhir bila kamu memang terlalu sibuk mengurusi penjualan rumah sendiri atau belum berpengalaman mengurus penjualan rumah. Ada dua opsi yang ditawarkan agen property, yaitu:

Open-list, adalah kamu bisa menawarkan iklan rumah tersebut pada agen properti yang ada.

Closed-list, adalah kamu bekerja sama hanya dengan satu agen properti saja.

Meskipun komisi jasa agen property bisa dibilang cukup mahal, namun agen memiliki banyak pengalaman dan akses untuk membuat rumah kamu cepat terjual.

Terbukalah pada pembeli

Memberikan deskripsi rumah selengkap-lengkapnya pada calon pembeli yang datang melihat-lihat kondisi rumah, merupakan cara tepat membuat calon pembeli tertarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bila penjual memiliki ikatan emosional bagus dengan rumah yang dijualnya, maka rumah tersebut akan cepat laku. Para calon pembeli biasanya bertanya alasan kamu menjual rumah. Tentu kamu cukup menjelaskan seperlunya saja.

Jangan lupa menunjukkan pada pembeli kelengkapan surat-surat rumah agar pembeli merasa aman. Nah, itu tadi cara jual rumah dengan cepat yang bisa kamu aplikasikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *