Tips Penggunaan Popok Terbaik yang Sehat dan Aman

Perlengkapan bayi memang sangatlah banyak, termasuk pakaian dan barang lainnya. Dalam hal pakaian, hal yang sangat dibutuhkan bayi adalah popok instan. Pemakaian popok tersebut tentu membutuhkan banyak pertimbangan dalam pemilihan produknya. Anda harus mengenakan popok terbaik pada bayi agar sehat dan aman dengan tips berikut ini.

  • Memilih Popok yang Punya Daya Serap

Daya serap sangatlah penting pada popok untuk bayi. Anda harus memperhatikan bagaimana kemampuan daya serap dari popok yang dikenakan bayi. Dalam memilih popok, usahakan pilih produk berkualitas dengan daya serap yang baik. Dengan demikian, saat bayi buang air kecil atau besar bisa menyerapnya dengan baik. Kulit bayi kan terlindungi dari iritasi.

  • Memakai Popok yang Lembut dan Dapat Merenggang

Anda harus memperhatikan beberapa kriteria saat mengenakan popok pada bayi agar tetap nyaman untuknya. Kesehatan kulit menjadi perhatian, karena pemakaian popok yang kurang tepat justru akan menambah luka pada area kulit. untuk itu, pilihlah produk popok yang permukaannya lembut dan bisa merenggang dengan mudah.

Popok yang lembut akan melindungi kulit dari iritasi, ruam, ataupun lecet. Bahannya yang lembut juga akrab dengan kulit bayi yang masih rentan karena struktur kulitnya yang masih lembut dan tipis. Popok instan yang mudah merenggang ini memudahkan saat pemakaian dan juga tidak terlalu ketat ketika dipakai oleh bayi.

  • Mengganti Secara Berkala

Penggantian popok juga harus dilakukan secara berkala agar tidak menganggu kesehatan bayi. keadaan kulit bayi juga tidak terlalu lembab karena pemakaian popok dalam jangka waktu cukup lama. perhatikan indikator basah untuk popok. Jika warna popok sudah berubah dari kuning menjadi biru, maka sudah saatnya popok diganti.

Penggantian popok ini tergantung pada seberapa banyak bayi buang air. Segera ganti popok ketika memang sudah penuh. Akan tetapi, apabila belum penuh dan sudah memakai popok selama 2-3 jam, maka tetap mengganti popok tersebut dengan yang baru. Popok yang dijual di Orami selalu tersedia dalam berbagai model untuk memenuhi kebutuhan Anda.

  • Menyesuaikan Popok dengan Usia Bayi

Pemakaian popok untuk bayi juga harus disesuaikan dengan usia bayi. Apa alasannya? Hal ini harus dilakukan untuk menyesuaikan bahan yang digunakan untuk popok agar sesuai dengan kondisi bayi. Beragam jenis popok yang ada saat ini memang beragam dengan model dan bahannya. Dalam hal ini, usia bayi menentukan jenis popok apa yang sesuai dikenakan.

  • Mengobati Jika Terdapat Ruam Kulit

Dalam pemakaian popok bayi, usahakan untuk memeriksa kondisi kulit bayi apakah terdapat ruam dan lecet di kulit atau tidak. Jika ada, segera tangani dengan memberikan obat antiseptik dan baby oil untuk mempercepat penyembuhan luka. Apabila belum, maka cegahlah luka dengan pemakaian popok yang jangan terlampau ketat dan gunakan baby oil.

Sebagai orang tua, Anda memang harus memahami bagaimana penggunaan popok yang baik untuk bayi agar tetap sehat dan tergolong aman, di mana tidak menimbulkan luka di kulit. Tips tersebut dapat membantu Anda, terlebih kepada para orang tua yang masih pengalaman pertama dalam hal memakaian popok untuk anak pertamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *