Untung Rugi Investasi Kondominium Yang Wajib Kamu Tahu

Investasi kondominium memang kerap menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan pegiat investasi properti 2018 karena menjanjikan keuntungan yang begitu besar. Namun, sebelum membahas tentang keuntungan dan kerugian dari investasi kondominium, tahukah Kamu perbedaan antara apartemen dan kondominium? Memang dalam perkembangan hak kepemilikannya, kini apartemen dan kondominium tidak memiliki perbedaan yang begitu besar. Namun sebetulnya, apartemen dan kondominium itu cukup berbeda jika merujuk pada hak kepemilikannya.

Apartemen adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan hunian vertikal yang disewakan, sedangkan kondominium adalah apartemen yang dimiliki oleh masing-masing penghuni. Dengan demikian, kondominium merujuk pada hak guna bangunan, sedangkan apartemen menekankan pada fisik bangunan. Jika Kamu berminat untuk berinvestasi kondominium, mari simak beberapa pertimbangan mengenai untung rugi dari investasi kondominium berikut ini.

Keuntungan Investasi Kondominium

Tak heran mengapa banyak investor properti melirik investasi kondominium. Hal itu dikarenakan berbagai faktor menguntungkan sebagai berikut.

Tak Perlu Repot dengan Perbaikan dan Renovasi Gedung

Berkaitan dengan eksterior dari kondominium, para pemilik atau investor tidak perlu kerepotan. Pasalnya semua tanggung jawab dan perbaikan yang diperlukan seperti mengganti papan, pemasangan plafon atau atap unit kondominium merupakan tanggung jawab dari asosiasi dari kondominium. Selain itu, perawatan luar gedung kondominium seperti kebersihan, tatanan ruang parkir, bahkan keindahan taman juga akan diurus oleh asosiasi kondominium. Tanggung jawab Kamu sebagai investor adalah menyempurnakan interior dari unit kondominium milik Kamu.

Pendapatan Operasional Alias Cash Flow

Jika Kamu sebagai investor kondominium tidak menjual unit kamar Kamu tersebut, Kamu bisa berkesempatan mendapatkan keuntungan dari penyewaan unit Kamu. Dengan menyewakan unit kondominium, Kamu akan memperoleh cash flow setiap bulannya. Hitung punya hitung, cash flow yang bisa Kamu dapatkan sebagai investor kondominium memiliki besaran rata-rata yang melebihi bunga deposito. Jika Kamu pernah mendengar adanya kondotel yaitu, kondominium hotel, investasi ini pun sangat menguntungkan karena fasilitas kondominium semakin mewah layaknya sebuah hotel. Keuntungannya pun akan semakin berlipat ganda. Dalam investasi properti berupa kondotel, Kamu sebagai investor akan diberikan jaminan Rental Guarantee sekian persen selama 2 hingga 3 tahun pertama sebesar 8% hingga 10%.

Adanya Kenaikan Harga Unit Seiring dengan Inflasi

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa inflasi membuat harga properti akan merangkak naik setiap tahunnya. Oleh sebab itu, nilai atau harga unit dari kondominium Kamu juga akan mengikuti kenaikan. Bila Kamu berminat untuk menjualnya, tentu Kamu akan mendapatkan capital gain yang berlipat ganda dari harga beli kondominium tersebut.

Bisa Menginap Gratis

Ada keuntungan lainnya yang bisa Kamu dapatkan sebagai investor kondominium. Sebagai investor alias pemilik unit kamar yang disewakan, Kamu dapat menikmati fasilitas kondominium tersebut dan menginap gratis, jika unit sedang tidak disewakan.

Selain keuntungan yang akan Kamu dapatkan dan juga kerugian yang perlu Kamu tanggung saat berinvestasi kondominium, ada berbagai pertimbangan lain yang harus Kamu ketahui sebelum memiliki unit kondominium.

Lokasi yang Tepat

Jika Kamu ingin agar unit kondominium Kamu menghasilkan keuntungan capital gain ataupun cash flow yang berlipat ganda, Kamu perlu mempertimbangkan lokasi dari kondominium tersebut. Lokasi yang biasanya sangat menguntungkan adalah daerah yang memiliki destinasi wisata yang digandrungi oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara. Dengan demikian, masa-masa liburan seperti liburan sekolah akan membuat unit kondominium Kamu ramai disewa oleh para pelancong atau wisatawan.

Harga Beli yang Wajar dan Harga Sewa Kondominium

Di samping harga beli yang wajar dan sesuai dengan fasilitas yang diberikan, setelah memiliki satu unit kamar kondominium, Kamu perlu mempertimbangkan harga sewa dari kamar tersebut. Harga yang semakin tinggi tentu saja akan meningkatkan keuntungan Kamu dan bahkan bisa mempercepat untuk balik modal. Namun, Kamu juga tetap berhati-hati dalam menetapkan harga sewa. Jangan sampai harga sewa Kamu kelewat batas atau terlalu mahal dibanding harga sewa kondominium lainnya. Jika harga sewa terlalu mahal, para calon tamu Kamu berpaling kepada unit kondominium lain yang harga sewanya lebih wajar. Sudahkah Kamu membayangkan keuntungan besar yang bisa Kamu dapatkan melalui investasi kondominium? Memang, keuntungannya akan besar, namun modal yang dibutuhkan pun berbanding lurus.

Reputasi dan Kredibilitas dari Pengembang atau Developer

Kredibilitas pengembang dan juga pengelola dari kondominium juga harus menjadi perhatian Kamu. Jangan sampai Kamu melakukan investasi kodominium dan bekerja sama dengan para pengembang dan pengelola yang memiliki riwayat buruk dalam bekerja sama dengan investor sebelumnya. Berhati-hatilah jika pengembang atau pengelola pernah terjerat masalah hukum terkait berbagai pelanggaran yang pernah dilakukan di masa sebelumnya. Cek secara jelas dan menyeluruh mengenai legalitas, status tanah pendirian bangunan kondominium tersebut, skema pembayaran, pembagian hasil, dan seluruh perjanjian hitam di atas putih yang sah. Minta secara jelas daftar hak dan kewajiban pihak investor dan juga pihak asosiasi atau manajemen kondominium.

Setelah melihat berbagai pertimbangan mengenai investasi properti Indonesia  2018 berupa kondominium di atas, seberapa besar keinginan Kamu untuk berinvestasi di dalamnya? Jangan terburu-buru untuk berinvestasi kondominium, pikirkan kelebihan dan kekurangan dari tiap instrumen investasi yang ingin Kamu pilih. Jika memungkinkan, berkonsultasi dulu dengan konsultan investasi yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *